Clock


Tips Hadapi Anak Ngambek

Written By Ashidiq Nugraha on Kamis, 22 September 2011 | 15.21


MENGHADAPI anak ngambek bagi sebagian Moms jelas tidak mudah. Sepertinya, ini salah, itu salah. Trik jitu diperlukan untuk menjaga emosinya tetap terkendali.

Simak ulasannya, seperti dipaparkan Mira Firlana, S.Psi., M.Psi.

 









1. Berikan penjelasan

Ketika si kecil tidak mendapatkan apa yang diinginkannya, pasti dia ingin tahu apa alasannya. Sehingga, Moms tidak cukup hanya mengatakan “tidak boleh” melainkan berikan alasan mengapa hal itu tidak boleh dilakukan. Tentu saja dengan bahasa atau alasan yang dimengerti anak.

2. Orangtua harus tegas

Diamkan anak saat ia sedang menangis berguling-guling atau mungkin diam saja karena tidak memeroleh apa yang dia mau. Anak akan berpikir bahwa dengan tindakan tersebut ia tetap tidak akan memeroleh apapun yang ia mau. Moms and Dads harus kompak, jangan yang satu memberikan sedangkan yang satu justru melarang.

Selain itu, orangtua harus bersikap konsisten, karena kalau tidak anak akan menjadi bingung karena gonta-ganti keputusan. Moms, jangan iba dengan tangisan atau rengekan si kecil, karena ternyata anak dapat memanipulasi.

3. Berikan penjelasan ulang

Carilah waktu yang ‘pas’, ajak anak mengobrol lalu berikan penjelasan ulang kenapa waktu itu si kecil tidak memeroleh A, misalnya. Pada saat situasi hati yang sedang baik, masukkan biasanya akan lebih mudah diterima anak berbeda dengan misalnya saat ia sedang ngambek. Bisa saja alasan pelarangan Moms tidak diterimanya.

4. Kurangi keinginan untuk selalu menuruti apa yang anak mau

Mungkin saat Moms or Dads kecil dulu tidak selalu memeroleh apapun yang diinginkan, dan untuk ‘membalasnya’ selalu menuruti apa pun yang anak minta. Wah, kalau sudah begini bisa-bisa bukannya mendidik malah akan menjerumuskan anak. Sayang pada anak bukan selalu memberikan apa yang mereka minta, tapi lebih pada perhatian dan apa yang mereka butuhkan. Maka berikanlah apa yang menurut Moms memang dibutuhkan, bermanfaat dan ‘wajar’ kepada anak.

Penting bagi orangtua!

1. Terapkan teknik relaksasi seperti menarik napas panjang. Cara ini cukup ampuh untuk menurunkan ‘tensi’ Moms or Dads yang mulai naik saat menghadapi si kecil ngambek.

2. Ingat bahwa anak bukanlah orang dewasa dalam bentuk anak kecil. Sehingga anak masih belum mengerti bagaimana harus menyikapi sesuatu hal (misalnya keinginan yang tidak terpenuhi) dan si kecil masih membutuhkan pengertian dan penjelasan.

3. Jika anak bersikap ‘berbeda’ dari anggota keluarga lainnya, perlu orangtua sadari bahwa informasi saat ini dapat diperoleh dengan mudahnya dari luar, misalnya televisi atau teman sebaya. Jadi jangan kaget kalau di rumah tidak ada yang suka ngambek, mendadak si kecil malah suka ngambek.

4. Tambahlah pengetahuan Anda mengenai tahapan perkembangan anak, baik dari majalah, buku, internet atau lainnya. Sehingga Anda tahu apakah polah si kecil ini masih wajar atau tidak. Toh, ini semua demi perkembangan buah hati agar maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar

TANAMAN OBAT-OBATAN

TANAMAN OBAT-OBATAN
KLIK GAMBAR UNTUK MENDOWNLOAD